Sistem Zonasi Harus Bermanfaat Untuk Semua Lapisan Masyarakat

 
 
Tangerang – FocusFlash.co.id – Direktur Lembaga Pusat Pengkajian Pemerintahan, Pendidikan dan Kesehatan Nusantara (LEMP4K NUSANTARA), Adv. DR. H. Mahmudin, SH. M.KES meyakini Kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi betul-betul dapat memberikan manfaat kepada semua lapisan masyarakat dalam hal ini calon peserta didik.
 
“Kebijakan zonasi seharusnya dapat lebih bermanfaat untuk semua lapisan masyarakat. Oleh karena itu saya meminta keteman-teman di daerah prinsip general harus masuk, kepada sekolah-sekolah khususnya SMAN dan SMKN serta SMPN, Serta dinas pendidikan, untuk dapat mencarikan solusi terbaik yang tidak keluar dari koridor dan aturan serta undang-undang.” kata bang haji yang juga seorang Advokat yang tergabung pada DPC Kongres Advokat Indonesia (KAI) Kota Tangerang saat dijumpai diruang kerjanya, jumat (21/6).
 
Mahmudin tak menampik banyak permasalahan PPDB sistem zonasi di sejumlah daerah. Menurut dia, hal itu disebabkan setiap kepala daerah membuat kebijakan masing-masing dalam mengimplementasikan PPDB sistem zonasi. Padahal, daerah hanya diperkenankan mengatur dan menetapkan daerah zonasinya saja.
 
“Dan jangan sampe terjadi lagi seperti tahun 2018 yang diduga banyak praktek pencaloan jual beli kursi siswa/i baru. Maka dengan ini masyarkat harus terbuka, juga dapat bekerjasama, memahami sistem zonasi. Serta, pihak dinas pendidikan dan sekolah harus bisa mensosialisasikan secara menyeluruh jika perlu membuatkan papan informasi berupa spanduk didepan sekolah masing-masing.” tambahnya.
 
H. Mahmudin menegaskan “Dan masyarakat juga tidak mudah menerima penawaran-penawaran atau iming-iming dari pihak oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena inilah proses kita mengajarkan kepada anak-anak kita untuk kedepan jangan sampai diawali dengan tindakan-tindakan atau perbuatan yang tidak baik, Karena akan dicontoh di bangku sekolah oleh mereka.” tegas bang Haji.
 
Marilah kita semua baik pihak orang tua, pihak sekolah, pihak dinas pendidikan dan pihak pemda, kita sama-sama mengawasi dan memantau agar PPDB  di Tahun 2019 ini  berjalan dengan akhir yg baik. Tidak banyak meninggalkan kekecewaan buat anak-anak, sebagai calon generasi penerus masa depan.
 
Oleh karena itu orang tua, masyarakat, dan semua stakeholder sekolah agar dapat memaknai secara bijak sistem zonasi dalam PPDB ini.
Red

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *